Berikut Ini Adalah Faktor Resiko Kanker Mulut

Berikut Ini Adalah Faktor Resiko Kanker Mulut

Faktor risiko kanker mulut

Faktor risiko adalah sesuatu yang meningkatkan risiko terkena kanker. Bisa jadi perilaku, substansi atau kondisinya. Sebagian besar kanker adalah hasil dari banyak faktor risiko. Tembakau dan alkohol merupakan faktor risiko kanker mulut yang paling penting.

Kanker Mulut jarang terjadi pada anak-anak dan dewasa muda. Risiko pengembangan kanker mulut meningkat seiring bertambahnya usia dan terbesar setelah usia 45 tahun. Lebih banyak pria daripada wanita yang mengembangkan kanker mulut, dan ini lebih sering terjadi pada pria keturunan Afrika.

Kondisi prekanker mulut meliputi leukoplakia dan eritroplakia. Mereka bukan kanker, tapi kadang kala bisa menjadi kanker mulut jika tidak diobati. Beberapa faktor risiko kanker mulut juga dapat menyebabkan kondisi prakanker ini.

Siapa pun bisa mendapatkan kanker mulut, namun beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit ini. Seperti banyak kanker, risiko pengembangan kanker mulut meningkat seiring bertambahnya usia.

Berikut Ini Adalah Faktor Resiko Kanker Mulut

Faktor risiko umumnya tercantum secara berurutan dari yang paling tidak penting. Tapi dalam banyak kasus, tidak mungkin untuk menentukan peringkat mereka dengan kepastian yang mutlak.

Ada bukti meyakinkan bahwa faktor berikut seperti tembakau, sirih dan alkohol dapat meningkatkan risiko kanker mulut Anda.

Tembakau

Sebagian besar kanker mulut dikaitkan dengan penggunaan tembakau. Semua bentuk tembakau meningkatkan risiko kanker ini, termasuk rokok, cerutu, pipa, bidis dan tembakau tanpa asap (termasuk tembakau dan tembakau kunyah). Semakin lama Anda menggunakan tembakau dan semakin banyak yang Anda gunakan, semakin besar risikonya. Risiko kanker mulut sangat meningkat saat merokok dikombinasikan dengan penggunaan tembakau tanpa asap, minum alkohol atau keduanya. Melanjutkan merokok setelah perawatan untuk kanker mulut meningkatkan risiko pengembangan kanker mulut kedua.

Merokok, cerutu atau pipa meningkatkan risiko kanker mulut. Produk ini sering dikaitkan dengan kanker bibir jika mereka duduk di bibir. Menggunakan produk tembakau tanpa asap dikaitkan dengan kanker gusi dan lapisan dalam pipi dan bibir karena tembakau secara teratur menyentuh area ini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut.

Alkohol

Alkohol adalah salah satu faktor risiko utama kanker mulut. Semakin banyak Anda minum, semakin besar risikonya. Menggunakan alkohol dan tembakau bersama-sama meningkatkan risiko pengembangan kanker mulut lebih banyak daripada penggunaan salah satunya.

Sirih

Banyak orang di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan bagian dunia lainnya mengunyah sirih, daun dari tanaman sirih melilit pinang dan jeruk nipis. Mengunyah gutka, kombinasi sirih dan tembakau, juga umum terjadi. Kedua zat ini terkait dengan peningkatan risiko kanker mulut.

Baca juga artikel menarik lainnya: Cara Mengobati Kanker Mulut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *