Tanda Dan Gejala Umum Infeksi Kelenjar Getah Bening

Tanda Dan Gejala Umum Infeksi Kelenjar Getah Bening

Tanda Dan Gejala Umum Infeksi Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Mereka menyaring zat berbahaya seperti bakteri dan sel kanker dari tubuh Anda, dan membantu melawan infeksi. Mereka juga memainkan peran penting dalam diagnosis kanker, pengobatan dan prognosis.

Apa Itu Kelenjar Getah Bening ?

Kelenjar getah bening berupa benjolan kecil jaringan yang mengandung sel darah putih, yang melawan infeksi. Mereka menyaring cairan getah bening, yang terdiri dari cairan dan produk limbah dari jaringan tubuh Anda. Kelenjar getah bening juga membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh Anda jika Anda memiliki infeksi.

Tahukah Anda bahwa tubuh manusia memiliki sekitar 600 kelenjar getah bening? Semua nodus kecil sistem limfatik ini bekerja untuk melindungi kita dari penyakit dan kerusakan, peradangan penyebab penyakit. Tapi terkadang Anda mungkin memperhatikan bahwa kelenjar getah bening Anda terasa bengkak, lembut dan bahkan terasa sakit saat disentuh. Kondisi ini, yang disebut limfadenitis, biasanya merupakan pertanda infeksi bakteri di suatu tempat di tubuh.

Dimana Kelenjar Getah Bening Berada ?

Kelenjar getah bening terletak di seluruh tubuh Anda, termasuk leher, ketiak, selangkangan, di sekitar perut Anda, dan di antara paru-paru Anda. Kelenjar getah bening menguras cairan getah bening dari organ atau area di sekitar tubuh Anda.

Kelenjar Getah Bening Membengkak Saat Mereka Melawan Infeksi.

  • Node yang terinfeksi oleh virus biasanya 1/2 sampai 1 inci. Pembesaran dan kelembutan ringan ini berarti kelenjar getah bening melawan infeksi dan berhasil.
  • Node yang terinfeksi bakteri biasanya lebih dari 1 inci dan sangat lembut. Jika mereka berada di atas 2 inci atau kulit di atasnya berwarna merah muda, nodusnya tidak berhasil mengendalikan infeksi dan mungkin mengandung nanah.

Mengapa Kelenjar Getah Bening Membengkak ?

Karena kelenjar getah bening berperan penting dalam memerangi infeksi, jika terjadi infeksi, mereka mungkin membengkak. Ini bisa berarti pembengkakan satu atau lebih kelenjar getah bening.

Gejala Umum Infeksi Kelenjar Getah Bening

Tanda dan Gejala Umum

Gejala utama limfadenitis adalah pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening. Umumnya, kelenjar getah bening ukuran normal berdiameter kurang dari satu sentimeter; Namun, ada pengecualian pada kelenjar getah bening di berbagai area tubuh. Juga, anak-anak biasanya memiliki kelenjar getah bening yang lebih besar antara usia 2 dan 10 ( 2 )

Gejala kelenjar getah bening yang terinfeksi atau sekelompok kelenjar getah bening yang terinfeksi dapat meliputi:

  • Kelenjar getah bening bengkak yang menjadi lebih besar dari 0,5 sampai 1 sentimeter, tergantung lokasinya
  • Kelenjar getah bening keras
  • Kelenjar getah bening yang menyebabkan nyeri dan nyeri saat tersentuh
  • Kemerahan dan kelembutan kulit di atas kelenjar getah bening
  • Kelenjar getah bening diisi dengan nanah (disebut abses) yang mungkin terasa kenyal

Pada kasus yang parah, komplikasi limfadenitis yang tidak diobati dapat menyebabkan pembentukan abses yang harus dikeringkan dengan pembedahan, selulitis (infeksi kulit), sepsis (infeksi aliran darah) atau fistula yang dapat berkembang dengan limfadenitis tuberkulosis.

Informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau kesehatan penyedia dan tidak dimaksudkan untuk mencakup semua kemungkinan penggunaan, tindakan pencegahan, interaksi atau efek samping. Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan keadaan kesehatan tertentu Anda. Semoga pembahasan artikel nya bermanfaat dan salam sehat untuk semua. 🙂

Baca juga: Obat Herbal Benjolan Di Leher (Kelenjar Getah Bening)

Tanda Dan Gejala Umum Infeksi Kelenjar Getah Bening

 

Baca juga artikel menarik lainnya: QNC Jelly Gamat

Tanda Dan Gejala Umum Infeksi Kelenjar Getah Bening | Admin | 4.5