Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker Mulut

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker Mulut

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker Mulut

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker Mulut

Meskipun kanker mulut dapat menyerang siapa saja, dan sangat terkait dengan usia dan jenis kelamin seseorang, sekitar 91% dari semua diagnosis terkait dengan gaya hidup. Ini berarti bahwa dengan mengubah pilihan gaya hidup kita, kita dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker mulut. Inilah faktor risiko yang telah terbukti berperan penting dalam tertular penyakit ini.

Faktor Resiko Kanker Mulut – Berikut ini beberapa faktor resiko yang menyebabkan kanker mulut :

Penggunaan Tembakau

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker MulutImplikasi kesehatan dari merokok didokumentasikan dengan baik, namun kanker mulut sering terlewatkan. Sebagian besar kasus kanker mulut terus berlanjut akibat merokok dan penggunaan tembakau. Sekitar satu dari lima orang yang merokok, yang menyumbang sekitar dua dari setiap tiga kasus kanker mulut.

Ada ribuan bahan kimia yang terkandung dalam satu batang rokok, dan titik masuknya adalah mulut. Merokok membantu mengubah air liur menjadi koktail mematikan yang merusak sel-sel di mulut dan bisa mengubahnya menjadi kanker.

Bahayanya adalah perokok tiga kali lebih mungkin daripada non-perokok untuk mengembangkan kanker mulut dan tujuh kali lebih mungkin didiagnosis menderita kanker tenggorokan, sementara rokok pagi telah terbukti melipatgandakan kesempatan tersebut lebih jauh. Tapi tidak ada kata terlambat untuk membuat perbedaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mantan perokok mengurangi risiko kanker mulut mereka lebih dari sepertiga. Dan dengan sekitar dua pertiga perokok mengakui bahwa mereka ingin menendang kebiasaan tersebut, Bulan Aksi Kanker Mulut adalah waktu yang tepat untuk melakukan hal itu.

Mengunyah Tembakau

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker MulutMeskipun beberapa orang percaya bahwa jenis tembakau ini lebih aman daripada merokok, kenyataannya adalah bahwa ini jauh lebih berbahaya. Seperti rokok, tembakau tanpa asap merupakan risiko serius bagi kesehatan seseorang. Keduanya mengandung nikotin, yang merupakan obat yang sangat adiktif. Sebenarnya, ada dua kali lebih banyak nikotin dalam tembakau tanpa asap seperti pada rokok rata-rata. Serta meningkatkan risiko kanker mulut hingga empat kali, hal itu menyebabkan masalah bagi jantung dengan mengencangkan pembuluh darah dan menaikkan tekanan darah. Satu kaleng mengunyah tembakau bisa melepaskan sebanyak nikotin ke tubuh Anda sebanyak 60 batang rokok.

Minum Alkohol

Minum alkohol menjadi kelebihan adalah faktor risiko utama lain yang terkait dengan kanker mulut – terkait dengan sekitar sepertiga dari semua kasus. Kuncinya adalah kelebihan bagian. Segelas anggur sesekali di sana-sini dianggap jauh lebih baik daripada meminum botol itu dalam satu malam. Moderasi sangat penting.

Kelompok bahaya adalah mereka yang merokok dan minum alkohol secara berlebihan. Orang-orang ini meningkatkan risiko kanker mulut hingga 30 kali. Bagi mereka yang merokok dan minum, waspadalah terhadap risiko ini. Sangat penting bahwa kelompok ini mengunjungi dokter gigi secara teratur sehingga mereka bisa memeriksa mulut Anda.

Jika Anda memerlukan panduan tentang unit alkohol yang direkomendasikan per hari, klik di sini.
Risiko kanker mulut tidak terkait dengan penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol.

Human Papillomavirus

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker MulutTidak ada cara mudah untuk mengatakan ini, tapi seks oral menjadi masalah. Faktanya, banyak ahli percaya Human Papillomavirus (HPV), yang ditularkan sebagian besar melalui seks oral, akan menyalip penggunaan tembakau sebagai penyebab utama kanker mulut dalam dekade berikutnya.

HPV sangat umum dan hampir setiap orang yang aktif secara seksual akan mendapatkan HPV pada suatu waktu dalam hidup mereka. Kebanyakan orang dengan HPV tidak pernah mengalami gejala atau masalah kesehatan. 90% infeksi HPV hilang sendiri dalam waktu dua tahun dan tidak mempengaruhi kesehatan kebanyakan orang. Tapi terkadang infeksi HPV tetap ada dan bisa menimbulkan berbagai masalah serius. Termasuk:

  • Pertumbuhan jaringan abnormal dan perubahan lainnya pada sel di beberapa bagian tubuh, yang bisa menyebabkan kanker.
  • Genital warts, yang merupakan infeksi menular seksual paling umum

Baca juga: Obat Herbal Kanker Mulut.

Informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau kesehatan penyedia dan tidak dimaksudkan untuk mencakup semua kemungkinan penggunaan, tindakan pencegahan, interaksi atau efek samping. Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan keadaan kesehatan tertentu Anda.

Posted by: obatbenjolandileher.org

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker Mulut

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Kanker Mulut | Admin | 4.5