Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening

Selamat datang di situs kesehatan obatbenjolandileher.org . Baiklah untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening. Maka dari itu, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening

Apa itu Kelenjar Getah Bening ?

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem limfatik, komponen sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening bengkak bisa menandakan adanya infeksi.

Ada beberapa kelompok kelenjar getah bening, yang berbentuk kecil, berbentuk kacang, nodul lunak jaringan. Yang paling sering membesar atau membengkak ditemukan di leher (rantai kelenjar getah bening terletak di bagian depan leher, sisi leher, dan belakang leher di belakang telinga), di bawah dagu, di bagian ketiak, dan di selangkangan. Ada juga sekelompok besar kelenjar getah bening di dada dan perut, yang kadang-kadang ditemukan diperbesar pada sinar-X atau CT scan.

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening ?

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening yang bengkak merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah di suatu tempat di tubuh Anda. Saat kelenjar getah bening Anda membesar, Anda mungkin memperhatikan:

  • Kelembutan dan nyeri di kelenjar getah bening
  • Pembengkakan itu mungkin ukuran kacang polong atau kacang merah, atau bahkan lebih besar di kelenjar getah bening

Apa Penyebab Kelenjar Getah Bening Yang Bengkak ?

Beberapa mekanisme bisa menyebabkan kelenjar getah bening membesar (membengkak).

  • Infeksi (limfadenitis):
    Hal ini dapat meningkatkan jumlah sel darah putih, yang berkembang biak sebagai respon terhadap stimulasi dengan zat asing (antigen). Kelenjar getah bening bengkak di bawah lengan (di ketiak) bisa terjadi karena infeksi atau luka pada lengan atau tangan. Beberapa infeksi ( mononucleosis atau “mono,” HIV, dan infeksi jamur atau parasit) dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening umum di seluruh tubuh.
  • Virus:
    Reaksi kekebalan terhadap infeksi umum di tubuh seperti infeksi virus yang dapat terjadi dengan flu biasa serta infeksi yang lebih serius seperti HIV.
  • Peradangan:
    Infiltrasi dengan sel inflamasi selama infeksi atau pembengkakan di daerah nodus getah bening tertentu. Beberapa gangguan kekebalan tubuh, seperti lupus atau rheumatoid arthritis, juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening umum.
  • Kanker:
    Infiltrasi dengan sel ganas (metastasis) dibawa ke nodus dengan getah bening yang mengalir dari daerah tertentu jenis kanker. Dalam kasus yang jarang terjadi, kanker payudara atau limfoma dapat menyebabkan kelenjar getah bening bengkak di ketiak. Jarang, seseorang mungkin memiliki simpul atau kelompok nodus yang tumbuh dengan cepat dan menjadi sulit dan tidak mudah dipindahkan di bawah kulit. Ini bisa mengindikasikan tumor. (Sumber: Penulis Medis: John P. Cunha, DO, FACOEP).

Infeksi yang tidak biasa

  • Tuberkulosis
  • Infeksi menular seksual tertentu, seperti sifilis
  • Toksoplasmosis – infeksi parasit akibat kontak dengan kotoran kucing yang terinfeksi atau memakan daging matang
  • Cat scratch fever – infeksi bakteri dari goresan atau gigitan kucing

Gangguan sistem kekebalan tubuh

  • Lupus – penyakit peradangan kronis yang bisa menarget sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru
  • Rheumatoid arthritis – penyakit peradangan kronis yang menargetkan jaringan yang melapisi sendi Anda (synovium).

Baca juga: Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening.

Posted by: obatbenjolandileher.org

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening ?

Baca juga artikel menarik lainnya :
Walatra Sehat Mata Softgel , QNC Jelly GamatWalatra Berry Juice

Apa Yang Menyebabkan Infeksi Kelenjar Getah Bening | Admin | 4.5