Apa Penyebab Terjadinya Benjolan Pada Leher

Apa Penyebab Terjadinya Benjolan Pada Leher

Apa Penyebab Terjadinya Benjolan Pada Leher

Benjolan di leher juga disebut leher massa. Benjolan atau massa leher bisa besar dan terlihat, atau bisa sangat kecil. Sebagian besar benjolan leher jinak (non kanker) dan tidak berbahaya. Tapi benjolan leher juga bisa menjadi pertanda kondisi serius, seperti infeksi atau pertumbuhan kanker.

Jika Anda memiliki benjolan leher, dokter Anda harus segera mengevaluasinya. Segera temui dokter Anda jika Anda memiliki massa leher yang tidak dapat dijelaskan.

Lalu Apa Peneyebab Benjolan Di Leher ?

Ada banyak penyebab benjolan di leher. Benjolan atau pembengkakan yang paling umum adalah pembesaran kelenjar getah bening. Ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, kanker (keganasan), atau penyebab langka lainnya.

Kelenjar liur bengkak di bawah rahang mungkin disebabkan oleh infeksi atau kanker. Benjolan di otot leher disebabkan oleh luka atau torticollis. Benjolan ini sering berada di bagian depan leher. Benjolan di kulit atau di bawah kulit sering disebabkan oleh kista, seperti kista sebaceous.

Kelenjar tiroid juga bisa menghasilkan pembengkakan, atau satu atau lebih benjolan. Hal ini bisa disebabkan oleh penyakit tiroid atau kanker. Sebagian besar kanker kelenjar tiroid sangat tumbuh sangat lambat. Mereka sering disembuhkan dengan operasi, bahkan jika sudah ada selama beberapa tahun.

Semua benjolan leher pada anak-anak dan orang dewasa harus segera diperiksa oleh dokter. Pada anak-anak, kebanyakan benjolan leher disebabkan oleh infeksi yang bisa diobati. Pengobatan harus dimulai dengan cepat untuk mencegah komplikasi atau penyebaran infeksi.

Seiring bertambahnya usia orang dewasa, kemungkinan benjolan menjadi kanker meningkat. Hal ini terutama berlaku untuk orang yang merokok atau minum banyak alkohol. Sebagian besar benjolan pada orang dewasa bukanlah kanker.

Penyebab Benjolan Di Leher

Benjolan di leher dari kelenjar getah bening bengkak mungkin disebabkan oleh:

  • Infeksi bakteri atau virus
  • Kanker
  • Penyakit tiroid
  • Reaksi alergi

Benjolan di leher akibat pembesaran kelenjar ludah bisa disebabkan oleh:

  • Infeksi
  • Penyakit gondok
  • Tumor kelenjar ludah
  • Batu di saluran air liur

Benjolan leher memiliki banyak penyebab tapi, untungnya, mayoritas jinak . Namun, sejumlah benjolan jinak masih perlu dinilai, sebagian untuk menyingkirkan kemungkinan adanya sesuatu yang lebih mengerikan di belakang mereka namun juga dalam kasus pengawasan atau pembedahan diperlukan.

Benjolan Yang Timbul Dari Kelenjar Getah Bening Di Leher

Untungnya sebagian besar benjolan yang timbul dari kelenjar getah bening tidak berbahaya. Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh . Mereka sering digambarkan sebagai reaktif saat mereka memperbesar respons terhadap infeksi atau pembengkakan di daerah kepala dan leher. Alasan paling umum untuk benjolan di leher yang timbul dari kelenjar getah bening adalah infeksi saluran pernafasan bagian atas (termasuk faringitis dan amandel ) tetapi juga dapat terjadi sebagai akibat peradangan pada dermatitis kulit kepala atau psoriasis .

Sayangnya, benjolan getah bening ganas juga terjadi dan ini harus dipertimbangkan jika benjolan yang timbul dari kelenjar getah bening semakin bertambah besar atau dikaitkan dengan gejala saluran pernapasan bagian atas atau saluran pencernaan lainnya seperti nyeri telinga, suara serak dan kesulitan atau rasa sakit saat menelan. Faktor risiko kanker kepala dan leher seperti merokok dan asupan alkohol juga harus diperhatikan karena ini meningkatkan tingkat kecurigaan. Kelenjar getah bening ini sangat membutuhkan sampel sel untuk dianalisis sehingga diagnosis segera dapat dilakukan.

Benjolan Yang Ada Sejak Lahir (bawaan)

Dua benjolan kongenital yang paling umum mencakup kista tiroglossal dan kista cabang .

Kista duktus tiroksin

Kista tirroglossal terbentuk di sisa saluran yang terbentuk saat bayi berkembang di rahim karena kelenjar tiroid bergerak dari belakang lidah ke bagian bawah leher. Kista ini biasanya membentuk benjolan leher yang berada di luar pusat, seringkali di sekitar tingkat tulang hyoid. Tulang hyoid berbentuk sepatu kuda dan menyandang lidah. Mereka dapat menyebabkan infeksi akut dan karena itu mereka merah, menyakitkan dan menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan. Ini bisa menjadi masalah berulang dan seringkali terlihat jelas. Pendekatan bedah untuk ini harus menyeluruh sehingga bisa menghilangkan semua aspek kista, saluran dan bagian tengah tulang hyoid untuk mengurangi kekambuhan.

Pembengkakan kelenjar ludah

Kami memiliki tiga pasang kelenjar liur utama (parotid, submandibular dan sublingual) dan banyak kelenjar liur minor. Benjolan di leher yang disebabkan oleh kelenjar ludah biasanya akan bersifat parotid dan pembengkakan kelenjar liur submandibular. Kedua hal ini dapat dipengaruhi oleh kondisi peradangan.

Apa Penyebab Terjadinya Benjolan Pada Leher ?

Posted by: obatbenjolandileher.org

Baca juga artikel menarik lainnya: Obat Herbal Benjolan Di Leher

Apa Penyebab Terjadinya Benjolan Pada Leher | Admin | 4.5